Museum Geologi Bandung

Wisata kota Bandung banyak sekali bermunculan serta pembaharuan konsep tempat wisata yang sudah ada, seperti tempat wisata bersejarah di Bandung. Salah satunya yaitu museum Geologi Bandung, museum pemerintah ini di bangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan di buka kembali oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000 setelah melakukan renovasi dengan bantuan dana dari Jepang.

Museum Geologi memiliki beragam materi hasil penelitian sejak tahun 1850 beraneka ragam fosil, mulai dari berbagai jenis bebatuan sampai bahan mineral serta fosil lainnya yang berada di museum ini. Setiap ruangan pajangan fosil terbagi menjadi beberapa ruang yang terletak di lantai 1 dan lantai 2 di gedung museum Geologi Bandung.

Koleksi Museum Geologi

Ruangan di lantai 1 ini ada ruang orientasi yang berisi tentang peta geografis Indonesia dalam bentuk layar lebar dalam bentuk animasi, ruangan sebelah barat ada beberapa ruang informasi seputar tentang Hipotesisi terjadinya bumi dalam system tata surya dan beberapa fosil sejarah manusia menurut evoluci Darwin. Serta ruangan sebelah timur merupakan ruangan tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari zaman manusia primitive hingga modern yang berada di planet bumi ini, adapun kumpulan fosil tengkorak manusia purba dan sejarah pembentukan Danau Bandung atau yang dikenal dengan Sang Hyang Tikoro.

Di lantai berikutnya yaitu lantai 2 terbagi menjadi 3 bagian ruangan utama yaitu ruangan barat, tengah dan timur dengan fungsi yang berbeda – beda setiap ruangan. Di bagian barat lantai 2 ruangan untuk staff Museum Geologi Bandung, Ruangan tengah ruangan tentang informasi pertambangan emas dan miniatur – miniatur pengeboran, di ruangan bagian timur lantai 2 ini memiliki 7 ruangan kecil untuk memberikan informasi aspek positif dan negative dalam tatanan geologi bagi kehidupan manusia.

Tempat wisata sejarah ini setiap harinya selalu ramai oleh wisatawan atau pengunjung ingin mengetahui tentang nilai – nilai sejarah kehidupan manusia dengan alam sekitarnya.

Lokasi Museum Geologi

Tempat wisata bersejarah ini berlokasi di jalan Diponegoro No. 57, dekat sekali dengan gedung pemerintahan Jawa Barat yaitu Gedung Sate Bandung. Untuk mengunjungi Museum Gelogi tersebut tidak mesti rombongan tetapi perorangan pun dapat mengunjungi tempat wisata sejarah ini, wisatawan atau pengunjung dapat menggunakan Rental Mobil Bandung untuk melakukan wisata di kota Bandung.